Alat Bangunan Yang Wajib Tersedia Di Rumah Karena Sering Dibutuhkan

Alat Bangunan Yang Wajib Tersedia Di Rumah Karena Sering Dibutuhkan

Mary Katefashion –¬†Banyak orang berpikir bahwa memiliki alat konstruksi itu tidak penting. Padahal, alat konstruksi tidak hanya diperlukan untuk membangun rumah, tetapi juga dapat mempermudah kehidupan sehari-hari saat sangat dibutuhkan.

Alat konstruksi yang ada saat ini telah mengalami evolusi sehingga semakin canggih dan modern. Tentunya keberadaan alat-alat tersebut akan sangat diperlukan bagi Anda ketika ingin memperbaiki sesuatu dengan cara yang sederhana tanpa melibatkan orang lain atau tukang.

1. Bor Mesin

Bor adalah alat konstruksi yang cukup canggih. Fungsinya untuk melubangi dinding atau papan kayu. Selain itu, bor juga dapat membantu saat memasang berbagai jenis furnitur, termasuk melepas sekrup, dll.

Bor listrik biasanya memiliki beberapa jenis mata bor yang dapat dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Untuk harganya sendiri, bor listrik berkisar antara Rp 350.000 hingga Rp 500.000, tergantung ukuran dan mereknya.

Tidak semua alat konstruksi harus ada di rumah karena beberapa alat memerlukan keterampilan khusus untuk digunakan. Miliki setidaknya beberapa alat penting untuk perbaikan kecil yang mudah dikerjakan.

2. Palu

Palu merupakan alat konstruksi yang memiliki berbagai macam fungsi. Padahal pada kenyataannya fungsi utama palu adalah untuk menancapkan paku ke permukaan, seperti dinding atau papan kayu. Tidak hanya itu, palu juga sering digunakan untuk menghancurkan batu dan tembok yang ingin dibongkar atau menghilangkan paku yang tertanam.

Selain itu, palu juga memiliki fungsi lain yang bisa digunakan dalam berbagai keadaan. Hal ini menjadikan palu alat konstruksi yang sangat diperlukan di rumah. Harganya pun cukup murah yakni Rp 25.000 hingga Rp 75.000 per buah.

3. Kunci Inggris

Kunci Inggris memiliki fungsi yang hampir sama dengan obeng, yaitu berfungsi untuk mengencangkan dan melonggarkan mur. Biasanya tersedia dalam berbagai ukuran untuk mengakomodasi kacang yang juga tersedia dalam berbagai ukuran. Diperlukan kunci untuk memperbaiki segala sesuatu yang berhubungan dengan pipa ledeng, untuk itu wajib memilikinya di rumah.

Seperti obeng, kunci pas dijual terpisah, tetapi ada juga yang dijual dalam set dengan ukuran berbeda. Harga satu set kunci bervariasi mulai dari Rp 23.000 hingga Rp 150.000, tergantung ukuran dan model yang dipilih.

4. Sekop

Sekop adalah alat konstruksi yang digunakan untuk memindahkan pasir dan mencampur massa semen. Sekop juga merupakan salah satu alat yang digunakan dalam berkebun karena kegunaannya dalam menggemburkan tanah.

Karena fungsinya yang sederhana ini, sekop menjadi alat konstruksi yang harus ada di dalam rumah. Anda tidak perlu khawatir tangan Anda kotor saat memindahkan pasir, mengaduk campuran semen, dan mengendurkan tanah dengan sekop. Harga pasar sekop berkisar dari Rs 55.000 hingga Rs 150.000, tergantung ukuran dan bahannya.

5. Cetok

Cetok adalah alat konstruksi yang memiliki nama lain sendok semen. Konstruktor biasanya memanggil Cetok di Jawa. Cetok memiliki fungsi untuk mempermudah pekerjaan pemasangan batu untuk dinding rumah.

Namun, banyak juga orang yang menggunakan sekop sebagai alat konstruksi untuk menggali tanah saat hendak bekerja di kebun atau menanam tanaman di kebunnya. Harga ketok cukup terjangkau yaitu dari Rp 6.000 hingga Rp 15.000.

6. Gerinda tangan

Gerinda tangan merupakan salah satu alat konstruksi yang cukup praktis karena dilengkapi dengan mesin. Dengan begitu, pengguna tidak perlu lagi khawatir untuk memindahkannya. Gerinda tangan memiliki fungsi untuk memotong plat besi, batangan besi dan material logam lainnya.

Selain itu gerinda manual juga dapat diganti dengan mata seperti batu asahan dan digunakan sebagai alat asah yang multifungsi. Untuk harganya sendiri, alat ini berkisar Rp 165.000 hingga Rp 250.000.

7. Mesin Ketam

Planer merupakan alat konstruksi yang sudah dikenal baik oleh para pengrajin kayu dan furniture. Ini karena bentuknya yang kecil dan multifungsi. Padahal, planer yang sama berfungsi untuk menghaluskan kayu, menghaluskan permukaan kayu, dan membentuk lekukan pada sudut-sudut kayu agar terlihat rapi.

Dengan banyaknya fitur yang dimiliki, harga sebuah planer cukup terjangkau. Mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 850.000.

Sumber:

Rumarumi.com