Bisnis

Kesalahan Pengusaha Pemula Yang Harus Dihindari

Kesalahan Pengusaha Pemula Yang Harus Dihindari

Mary Katefashion – Agar badan usaha dapat berkembang dengan baik, Anda yang baru terjun ke dunia bisnis perlu mengetahui kesalahan para pengusaha pemula. Anda perlu mengenali ini untuk menghindari kesalahan umum yang dilakukan pengusaha baru.

Kesalahan-kesalahan tersebut juga bisa menjadi pelajaran baik yang bisa menjadikan Anda seorang pebisnis handal. Apalagi, mempertahankan badan usaha tidak sesederhana proses start-up. Sebagai seorang wirausahawan, Anda memerlukan perencanaan dan strategi yang efektif agar entitas bisnis Anda dapat bertahan di pasar.

Nah, inilah beberapa kesalahan yang dilakukan pengusaha pemula dalam menjalankan bisnisnya yang harus Anda pelajari. Ayo, lihat!

Kesalahan Pengusaha Pemula

1. Kurangnya komitmen

Kesalahan nomor satu yang dilakukan pengusaha pemula adalah kurangnya komitmen. Langkah awal memulai bisnis tentu tidak mudah bagi para pengusaha. Sebab, saat ini, Anda akan menemui banyak kendala.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki komitmen dalam menjalankan bisnis. Tanpa komitmen, Anda tidak akan bisa sepenuhnya menghadapi hambatan tersebut. Sebaliknya, kemungkinan besar Anda akan cepat menyerah.

2. Tidak menindaklanjuti ide

Kesalahan selanjutnya yang dilakukan pengusaha pemula adalah terlalu banyak ide, toh enggan bertindak. Dalam menjalankan bisnis, diperlukan ide untuk mengembangkan bisnis. Namun, ide tersebut akan sia-sia jika tidak direalisasikan pada akhirnya. Jadi jika Anda sudah memiliki ide, segera bertindak untuk pengembangan bisnis.

3. Model bisnis yang kurang sesuai

Kesalahan lain yang dilakukan pengusaha pemula adalah menggunakan model bisnis yang salah. Sangat penting untuk mempertimbangkan model bisnis untuk setiap jenis bisnis. Memang setiap model memiliki model kerja, visi dan misi yang berbeda.

Namun, pada kenyataannya, pengusaha baru seringkali terlalu fokus pada rencana bisnis, melupakan model bisnis yang mereka gunakan. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis, cobalah untuk merencanakan model bisnis yang akan Anda gunakan.

Sesuaikan setiap template dengan tujuan dan cita-cita bisnis Anda. Jika ragu, Anda dapat meminta saran dari rekan kerja atau konsultan bisnis yang berpengalaman.

4. Produk vs Penjualan

Secara umum, pengusaha pemula terlalu fokus pada produk atau layanan daripada penjualan yang ditargetkan. Akibatnya, angka pendapatan bulanan tidak mencukupi. Akibatnya, perusahaan berisiko kehilangan investor dan kemungkinan bangkrut.

Oleh karena itu, yang terbaik bagi setiap pengusaha untuk juga fokus pada strategi penjualan. Selain itu, lakukan juga riset pasar untuk kemudian menciptakan produk atau jasa Anda sendiri.

5. Manajemen uang yang kurang efektif

Kesalahan terakhir yang dilakukan pengusaha pemula adalah pengelolaan uang yang tidak efektif. Tantangan utama bagi pengusaha pemula sebenarnya adalah manajemen arus kas.

Pendapatan bisnis sering dicampur dengan uang pribadi. Oleh karena itu, Anda harus tertib dan disiplin dalam pengelolaan arus kas untuk menjaga keuangan bisnis. Jangan mencampurkan dana perusahaan dengan dana pribadi.

Baca juga:

Cara mendapatkan uang dari tiktok

Keuntungan Memilih Reksadana Syariah Yang Harus Diketahui

Keuntungan Memilih Reksadana Syariah Yang Harus Diketahui

Mary Katefashion – Sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim, Indonesia merupakan negara dengan pasar yang sangat lemah untuk produk-produk berbasis syariah. Produk perbankan sudah mulai memperkenalkan produknya berupa syariah. Bahkan, banyak perbankan atau lembaga keuangan lainnya telah berdiri sendiri berdasarkan Syariah.

Produk syariah sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan masyarakat. Memang banyak masyarakat Indonesia yang mulai mencari produk syariah, terutama di bidang keuangan.

Tidak hanya layanan perbankan yang banyak dicari, produk keuangan seperti investasi juga banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Salah satu produk investasi syariah yang umumnya disukai masyarakat adalah reksa dana syariah.

Pengertian Reksadana Syariah

Untuk memahami reksa dana syariah, terlebih dahulu perlu dipahami pengertian reksa dana syariah. Menurut definisi yang dikeluarkan oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, reksa dana syariah adalah tempat pengumpulan data publik yang dikelola oleh manajer investasi dan kemudian diinvestasikan dalam berbagai bentuk produk investasi syariah reksa dana seperti saham, obligasi dan instrumen investasi lainnya. . Tentunya pengelolaan dana masyarakat didasarkan pada ketentuan dan prinsip syariah.

Tujuan dibuatnya reksa dana berbasis syariah adalah untuk memudahkan investor menanamkan modalnya dan tidak khawatir dengan kasus status syariah. OJK telah menetapkan berbagai ketentuan serta batasan-batasan tertentu sesuai dengan prinsip agama Islam.

Keunggulan Reksadana Syariah

1. Unit Penyertaannya Terjangkau

Unit penyertaan yang dapat dibeli investor mulai dari harga Rp100.000, tergantung tujuan investasi. Dengan cara ini, investor dapat mulai berinvestasi dengan lebih mudah tanpa harus menginvestasikan banyak modal. Investasi di reksa dana syariah juga bisa dilakukan secara online maupun offline.

2. Diversifikasi Investasi

Dengan diversifikasi investasi, risiko berinvestasi di reksa dana syariah bisa lebih rendah jika jenis investasi yang dimiliki investor mengalami penurunan. Investor tidak perlu panik karena ada saham yang turun karena bisa fokus ke saham lain. Jika investor membagi modalnya secara merata ke dalam beberapa jenis sekuritas, ia juga tidak menderita kerugian yang cukup besar dibandingkan dengan investasi pada satu sekuritas.

3. Dikelola dan Diawasi Oleh Manajer Investasi

Tidak hanya mudah berinvestasi, investor juga diuntungkan dengan kemudahan pengelolaan modal. Bahkan, investor cenderung tidak mengelola dan mengolah modal yang ditanamkannya karena semuanya sudah dilakukan oleh Manajer Investasi. Manajer Investasi juga memantau dan menganalisis dana yang diinvestasikan.

4. Hemat Biaya, Tapi Return Optimal

Biaya yang dikeluarkan investor relatif lebih rendah, mulai dari modal ditempatkan hingga aktivitas transaksi reksa dana syariah. Meski sedikit uang yang dikeluarkan, namun hasil yang dicapai relatif optimal, tergantung jangka waktu dan produk reksa dana syariah yang dipilih investor.

5. Praktis, Jelas, dan Aman

Dana investasi dapat dicairkan kapan saja. Dengan cara ini, likuiditas reksa dana syariah terjamin. Proses pencairan dana menjadi nyaman.

Selain kemudahan pencairan dana, pengelolaan dana juga jelas karena di reksa dana syariah, investor akan mendapatkan laporan kinerja yang jelas. Naik turunnya hasil investasi dapat diamati secara transparan. Selain itu, hasil investasi juga dapat dilihat secara real time.

Investor juga tidak perlu khawatir karena produk reksa dana syariah diawasi oleh OJK dan dikelola oleh manajer investasi berlisensi OJK. Status Reksa Dana Syariah tidak perlu diragukan lagi karena sudah ada fatwa dari DSN-MUI atau Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Sumber:

investasi reksadana milenial

Perbedaan Antara Dropship Dengan Reseller Yang Harus Diketahui

Perbedaan Antara Dropship Dengan Reseller Yang Harus Diketahui

Mary Katefashion – Saat ini dalam keadaan pandemi Covid-19, yang mengharuskan semua orang untuk tinggal di rumah dan menghindari keramaian, banyak pedagang atau pengusaha yang menutup toko mereka, menyebabkan ekonomi mereka ambruk. Namun dengan cara ini Anda tidak perlu khawatir karena kita bisa berjualan atau berwirausaha melalui media online yang disebut dengan bisnis online.

Bisnis online ini tidak diharuskan bagi yang sudah menjalankan bisnis atau sudah mendirikan bisnis, namun bisnis online ini mungkin untuk para pemula seperti kita yang masih bersekolah atau untuk pelajar agar berpenghasilan lebih.

Anda bisa mulai dengan menjadi dropshipper atau reseller, pilih salah satu! Namun sebelumnya kamu perlu mengetahui apa itu dropshipper dan seller, apa saja perbedaannya, dan apa yang cocok untuk pemula. Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Dropship?

Dropship adalah sistem penjualan dimana penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik entitas lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu (penyimpanan barang).

Dengan sistem dropshipping ini, saat pembeli masuk dan memesan barang dagangan di toko Anda sendiri, Anda dapat langsung memesannya dari pemasok dan meminta pemasok untuk mengirimkan barang dagangan langsung ke pelanggan Anda.

Misal anda mempunyai bisnis online di salah satu media sosial anda, jual masker wajah, kemudian seseorang memesan produk anda, kemudian setelah anda membayar produk dan membeli, anda langsung memesan masker dari supplier di media sosial dan bertanya. bagi pemasok untuk mengunggahnya ke alamat pelanggan Anda. Jadi Anda tidak perlu membeli masker wajah terlebih dahulu.

Keuntungan dari sistem dropshipping ini adalah kita tidak memerlukan modal untuk menjalankan bisnis kita, cukup modal untuk internet karena kita tidak membeli / menyimpan barang apapun. Dan sistem ini juga sangat memudahkan kami karena kami tidak perlu memikirkan pengemasan dan kami juga pusing karena banyaknya pesanan yang datang.

Apa Itu Reseller?

Reseller kebalikan dari dropshipping, dimana penjual tidak harus melakukan stock barang dengan sistem dropship, jadi pada sistem ini penjual perlu melakukan stock up barang terlebih dahulu.

Oleh karena itu, penjual dapat diartikan sebagai “penjual”. Lebih khusus lagi, ini adalah sekelompok perusahaan atau individu yang membeli barang atau jasa untuk dijual kembali. Bukan untuk konsumsi atau penggunaan pribadi, tetapi untuk dijual kembali dengan tujuan menghasilkan keuntungan dari penjualan.

Sistem reseller ini sama dengan sistem bisnis konvensional, namun yang membedakan adalah pada penggunaan internetnya.

Misal anda menjalankan bisnis online di salah satu media sosial anda dengan menjual berbagai jenis hijab lalu seseorang memesan produk anda, kemudian setelah membayar produk dan membeli, mereka langsung mengemas pesanannya dengan asumsi barang tersebut ada di tangan anda, lalu kirim ke alamat klien Anda. Jadi pertama-tama Anda perlu mendapatkan jilbab.

Keunggulan dari sistem ini adalah profit / margin yang didapat lebih besar dari pada sistem dropshipping karena pada sistem ini kita harus mengeluarkan modal terlebih dahulu agar kita bisa mengatur profit yang kita inginkan dan profit akan lebih besar.

Nah, dari dua sistem yang sudah dijelaskan di atas yang cocok untuk pemula dalam menjalankan bisnis online adalah sistem dropshipping, karena di sistem ini tidak perlu lagi menginvestasikan modal hanya di internet saja, jadi jika sudah mengumpulkan uang dari hasil dropshipping , anda bisa beralih ke sistem reseller agar keuntungannya selalu lebih besar.

Artikel Lain:

Jasa Convert Paypal

Pengertian, Kelebihan, dan Tips Melakukan Bisnis Investasi

Pengertian, Kelebihan, dan Tips Melakukan Bisnis Investasi

Mary Katefashion – Belakangan ini bisnis investasi semakin populer di masyarakat. Banyak kalangan, termasuk anak muda, sudah mulai terjun ke dunia investasi. Memang, investasi tersebut cukup menggiurkan untuk keuntungan dan kemudahannya. Apalagi modal yang dibutuhkan sangat minim, tidak seperti perusahaan yang membutuhkan modal banyak. Karena itu, investasinya cukup menarik.

 

Berinvestasi dapat menjadi sumber pendapatan, terutama untuk keuntungan masa depan. Investasi ini cocok bagi Anda yang menginginkan kondisi keuangan yang terjamin di hari tua. Oleh karena itu, bisnis investasi harus dilakukan sesegera mungkin agar keuntungan yang diperoleh dapat maksimal.

 

Proses investasi kini semakin mudah berkat hadirnya struktur investasi online yang dapat diakses setiap saat. Ada sejumlah produk perdagangan investasi online untuk dipilih dan, tentu saja, menguntungkan untuk mencari nafkah.

 

Pahami bisnis investasi

Sebelum melanjutkan, Anda harus tahu dulu apa itu bisnis investasi. Investasi melibatkan penempatan modal atau aset lain yang bernilai kepada pihak lain dengan harapan menghasilkan keuntungan. Keuntungan ini biasanya dicapai selama periode waktu tertentu.

 

Sedangkan menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investasi adalah penanaman modal, biasanya jangka panjang, untuk perolehan aset tetap atau pembelian saham dan surat berharga lainnya untuk mendapatkan keuntungan. Jadi pada dasarnya, bisnis investasi adalah berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu, telusuri lebih lanjut tentang yayasan pemberi pinjaman.

 

Bisnis investasi bisa dimulai dengan modal kecil seperti investasi reksa dana. Hanya dengan Rp100.000 Anda sudah bisa menikmati keuntungan investasi. Namun, manfaat tersebut tidak bisa dinikmati atau dirasakan dalam waktu singkat. Bisnis investasi membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Hal ini dikarenakan investasi pada umumnya bersifat jangka panjang, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

 

Meski begitu, bisnis investasi ini terbilang mudah dipelajari. Plus, tidak diperlukan keahlian atau pengalaman khusus untuk mengetahuinya. Seperti halnya investasi reksa dana, Anda hanya perlu menyetorkan dana dan memantau perkembangan investasi Anda. Karena dana yang Anda investasikan akan dikelola oleh pihak lain yaitu manajer investasi.

 

Keuntungan berbisnis investasi online

Di era teknologi yang sangat maju saat ini, investasi bisa dilakukan secara online. Investasi tidak lagi dilakukan secara tatap muka dengan orang atau perusahaan. Dengan cara ini, batas jarak dan waktu dapat diatasi. Transaksi investasi menjadi lebih mudah dan nyaman karena semua proses mulai dari pendaftaran hingga transaksi jual beli dilakukan secara online.

 

Investasi online juga memungkinkan investor memantau kinerja investasi dengan mudah. Ini karena semuanya dapat diakses secara online dan transparan. Investor tidak perlu datang langsung ke perusahaan investasi atau pemasok untuk melihat peningkatan investasi mereka. Ini dapat menghemat waktu dan tenaga Anda.

 

Selanjutnya, pilihan instrumen investasinya pun cukup beragam, seperti emas, saham, cryptocurrency, pinjaman P2P, trading forex, dll. Anda dapat memilih platform online yang sesuai dan aman untuk mengelola dana investasi Anda. Pilih platform resmi dan legal.

 

Tips bisnis investasi online yang aman

Melakukan bisnis investasi online harus dilakukan dengan hati-hati. Jika Anda tidak hati-hati, bisnis ini rawan terlibat dalam penipuan investasi. Untuk itu, Anda harus mengetahui tips-tips berikut agar aman saat berbisnis online.

 

  1. Mengamankan bisnis investasi yang legal

Ketika Anda bertekad untuk memilih bisnis investasi, pastikan perusahaan atau institusi tempat Anda berinvestasi adalah legal. Legal artinya perusahaan atau lembaga tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berbadan hukum. Perhatikan dan ketahui juga apakah produk investasi tersebut telah mendapat persetujuan OJK. Anda dapat memeriksa informasi ini di situs web OJK.

 

Selain itu, sejarah perusahaan atau lembaga juga dipelajari. Pastikan mereka memiliki reputasi yang baik. Cari tahu juga tentang informasi alamat perusahaan, apakah benar-benar ada atau fiktif.

 

  1. Jangan tergiur dengan penawaran investasi yang menawarkan imbal hasil yang tidak masuk akal

Ini juga penting sebelum memulai bisnis investasi online. Lembaga investasi yang aman menawarkan pengembalian atau pengembalian yang wajar. Jangan mudah percaya jika mereka menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Biasanya, keuntungan yang wajar adalah antara 10% dan 20% per tahun. Investasi yang tidak masuk akal akan menawarkan pengembalian tinggi lebih dari 50% per tahun.

 

  1. Memahami produk investasi dan skema bisnis

Sebagai calon investor, Anda juga harus memahami produk dan rencana investasi yang ditawarkan. Dengan skema ini, Anda dapat mengevaluasi apakah investasi tersebut layak atau tidak. Oleh karena itu, pelajari produk investasi secara detail dan ajukan pertanyaan yang tidak jelas. Ini juga untuk tidak terlibat dalam skema Ponzi yang merupakan investasi penipuan.