Keuntungan Memilih Reksadana Syariah Yang Harus Diketahui

Keuntungan Memilih Reksadana Syariah Yang Harus Diketahui

Mary Katefashion –┬áSebagai negara berpenduduk mayoritas muslim, Indonesia merupakan negara dengan pasar yang sangat lemah untuk produk-produk berbasis syariah. Produk perbankan sudah mulai memperkenalkan produknya berupa syariah. Bahkan, banyak perbankan atau lembaga keuangan lainnya telah berdiri sendiri berdasarkan Syariah.

Produk syariah sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan masyarakat. Memang banyak masyarakat Indonesia yang mulai mencari produk syariah, terutama di bidang keuangan.

Tidak hanya layanan perbankan yang banyak dicari, produk keuangan seperti investasi juga banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Salah satu produk investasi syariah yang umumnya disukai masyarakat adalah reksa dana syariah.

Pengertian Reksadana Syariah

Untuk memahami reksa dana syariah, terlebih dahulu perlu dipahami pengertian reksa dana syariah. Menurut definisi yang dikeluarkan oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, reksa dana syariah adalah tempat pengumpulan data publik yang dikelola oleh manajer investasi dan kemudian diinvestasikan dalam berbagai bentuk produk investasi syariah reksa dana seperti saham, obligasi dan instrumen investasi lainnya. . Tentunya pengelolaan dana masyarakat didasarkan pada ketentuan dan prinsip syariah.

Tujuan dibuatnya reksa dana berbasis syariah adalah untuk memudahkan investor menanamkan modalnya dan tidak khawatir dengan kasus status syariah. OJK telah menetapkan berbagai ketentuan serta batasan-batasan tertentu sesuai dengan prinsip agama Islam.

Keunggulan Reksadana Syariah

1. Unit Penyertaannya Terjangkau

Unit penyertaan yang dapat dibeli investor mulai dari harga Rp100.000, tergantung tujuan investasi. Dengan cara ini, investor dapat mulai berinvestasi dengan lebih mudah tanpa harus menginvestasikan banyak modal. Investasi di reksa dana syariah juga bisa dilakukan secara online maupun offline.

2. Diversifikasi Investasi

Dengan diversifikasi investasi, risiko berinvestasi di reksa dana syariah bisa lebih rendah jika jenis investasi yang dimiliki investor mengalami penurunan. Investor tidak perlu panik karena ada saham yang turun karena bisa fokus ke saham lain. Jika investor membagi modalnya secara merata ke dalam beberapa jenis sekuritas, ia juga tidak menderita kerugian yang cukup besar dibandingkan dengan investasi pada satu sekuritas.

3. Dikelola dan Diawasi Oleh Manajer Investasi

Tidak hanya mudah berinvestasi, investor juga diuntungkan dengan kemudahan pengelolaan modal. Bahkan, investor cenderung tidak mengelola dan mengolah modal yang ditanamkannya karena semuanya sudah dilakukan oleh Manajer Investasi. Manajer Investasi juga memantau dan menganalisis dana yang diinvestasikan.

4. Hemat Biaya, Tapi Return Optimal

Biaya yang dikeluarkan investor relatif lebih rendah, mulai dari modal ditempatkan hingga aktivitas transaksi reksa dana syariah. Meski sedikit uang yang dikeluarkan, namun hasil yang dicapai relatif optimal, tergantung jangka waktu dan produk reksa dana syariah yang dipilih investor.

5. Praktis, Jelas, dan Aman

Dana investasi dapat dicairkan kapan saja. Dengan cara ini, likuiditas reksa dana syariah terjamin. Proses pencairan dana menjadi nyaman.

Selain kemudahan pencairan dana, pengelolaan dana juga jelas karena di reksa dana syariah, investor akan mendapatkan laporan kinerja yang jelas. Naik turunnya hasil investasi dapat diamati secara transparan. Selain itu, hasil investasi juga dapat dilihat secara real time.

Investor juga tidak perlu khawatir karena produk reksa dana syariah diawasi oleh OJK dan dikelola oleh manajer investasi berlisensi OJK. Status Reksa Dana Syariah tidak perlu diragukan lagi karena sudah ada fatwa dari DSN-MUI atau Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Sumber:

investasi reksadana milenial