Pendidikan

Penjelasan Lengkap Mengenai Keanekaragaman Hayati

Penjelasan Lengkap Mengenai Keanekaragaman Hayati

Mary Katefashion – Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keanekaragaman hayati di dalamnya, baik di darat maupun di laut. Bagi masyarakat dunia, Indonesia juga dikenal sebagai negara mega-keberagaman. Nama tersebut didukung oleh keadaan alam Indonesia yang beriklim tropis yang merupakan habitat yang cocok bagi flora dan fauna. Keanekaragaman hayati adalah kekayaan atau keanekaragaman makhluk hidup dari berbagai tempat dalam ekosistem.

Apakah ekosistem itu? Ekosistem adalah sekumpulan organisme, baik tumbuhan maupun hewan yang saling berinteraksi, serta lingkungan di sekitarnya. Ekosistem selalu berusaha menjaga keseimbangannya. Jika ekosistem terganggu, ekosistem tersebut segera menyesuaikan diri kembali. Keseimbangan ekosistem dapat terganggu oleh alam dan manusia (polusi tanah, polusi udara, pembangunan berlebihan, dll.)

Tingkat keanekaragaman hayati dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1. Keragaman genetik

Merupakan variasi genetik dalam suatu spesies. Tingkat keragaman gen muncul karena setiap individu memiliki bentuk gen yang unik. Gen adalah materi di dalam kromosom makhluk hidup yang mengontrol karakteristik organisme. Misalnya durian (durio zibethinus) varietas yang berbeda, seperti Durian Montong, Durian Petruk, Durian Mimang, dan banyak lagi.

2. Keragaman spesies

Suatu spesies dapat didefinisikan sebagai sekelompok individu yang menunjukkan karakteristik penting yang berbeda dibandingkan dengan kelompok lain. Sifat-sifat tersebut dapat berupa morfologi, fisiologi dan biokimia. Misalnya harimau, harimau dan kucing memiliki morfologi yang berbeda, namun mereka tetap satu anggota keluarga.

3. Keanekaragaman ekosistem

Semua makhluk hidup harus berinteraksi dengan lingkungannya. Ada dua faktor yang menjadi bagian dari ekosistem. Pertama, faktor biotik yaitu makhluk hidup, seperti hewan. Kedua, faktor abiotik, yang merupakan bagian dari ekosistem yang tidak bernyawa, seperti iklim, cahaya, tanah, kandungan mineral, dan sebagainya. Contoh keanekaragaman ekosistem laut yaitu cumi-cumi, udang, bintang laut dan lain-lain.

Keanekaragaman hayati tentunya memiliki manfaat bagi makhluk hidup itu sendiri dan juga bagi lingkungan di sekitarnya. Manfaat keanekaragaman hayati dalam kehidupan sehari-hari diaplikasikan untuk kebutuhan hidup manusia. Sumber sandang berasal dari ulat sutera, domba dan kapas. Sumber makanan adalah umbi-umbian, buah-buahan, sayur mayur, telur dan lain-lain. Sumber papan seperti pohon jati, mahoni dan sengon. Dan juga udara bersih didapat dari tumbuhan hijau.

Keanekaragaman hayati juga memiliki nilai yang berbeda bagi manusia yaitu:

– Nilai estetika (tanaman hias, bunga-bunga indah, dll.)
– Nilai biologis (malam pasir, makanan, tempat tinggal, obat-obatan dan bahan bangunan)
– Nilai-nilai agama (mengingatkan kita pada kebesaran Tuhan)
– Nilai ekologis (proses ekosistem, yang meliputi siklus zat dan aliran energi)
– Nilai pendidikan (ilmuwan mengembangkan penelitian untuk mengembangkan keanekaragaman hayati yang saat ini menyusut)

Mengingat banyaknya manfaat keanekaragaman hayati, dapatkah Anda bayangkan apa yang akan terjadi pada kita jika keanekaragaman hayati ini menghilang?

Oleh karena itu, sebagai makhluk hidup yang diberi akal dan pikiran oleh Tuhan, kita berkewajiban untuk melindungi dan melestarikannya. Sehingga anak cucu kita tetap bisa menikmatinya. Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, baik di darat maupun di laut.

Bagi masyarakat dunia, Indonesia juga dikenal sebagai negara mega-keberagaman. Nama tersebut didukung oleh keadaan alam Indonesia yang beriklim tropis yang merupakan habitat yang cocok bagi flora dan fauna.

Upaya pelestarian keanekaragaman ini dapat ditempuh melalui metode konservasi. Konservasi merupakan upaya manusia untuk melestarikan alam agar tidak punah dan rusak. Metode konservasi yang tepat untuk sumber daya alam dan strategi pembangunan berkelanjutan merupakan pendekatan integral untuk melestarikan keanekaragaman sumber daya hayati.
Ayo lakukan pelestarian alam. Karena alam adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk.

Sumber:

Wartapoin.com

Pentingnya Peran Keluarga Terhadap Pendidikan Anak

Pentingnya Peran Keluarga Terhadap Pendidikan Anak

Mary Katefashion – Perkembangan karakter anak sangat tergantung dari pola asuh keluarga. Karena keluarga adalah lingkungan terkecil dan terdekat dan terdiri dari orang-orang yang paling mendengarkan satu sama lain dan menjadi contoh bagi anak-anak.

Indra Dwi Prasetyo, pakar pendidikan, direktur Pijar Foundation dan co-chair Y20 Indonesia 2022 mengatakan, keluarga selalu berperan penting dalam tumbuh kembang anak, termasuk dalam hal pendidikan. Ada pepatah yang sering terdengar bahwa pendidikan pertama kali terjadi di kamar anak, bukan di ruang kelas.

“Pelatihan kepemimpinan, misalnya, diperoleh seorang anak ketika melihat ayahnya bekerja dan memimpin keluarga. Begitu pula dengan nilai-nilai kasih sayang, kelembutan dan rasa hormat terhadap sesama, pada kenyataannya anak-anak lahir jauh sebelum mengenal abjad, tapi dari ibunya,” ujarnya.

Sama pentingnya, keluarga memainkan peran dalam membesarkan anak lebih lama daripada ruang kelas formal seperti SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Pendidikan sepanjang hayat ini memegang peranan sentral dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, mulai dari anak usia dini, remaja hingga dewasa.

Indra melihat pendidikan di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri. Sebagai contoh, banyak orang tua Indonesia yang “mengajar” jauh sebelum anak lahir, dengan mendongeng atau mendoakan anak dengan doa yang baik, saat ia masih dalam kandungan ibunya. Afirmasi positif yang dimulai bahkan sebelum anak lahir setidaknya bisa dilihat sebagai salah satu cara untuk mempersiapkan orang tua menjadi pendidik sebelum melahirkan anaknya.

Ketika anak lahir, orang tua Indonesia berperan sebagai ‘penyetel norma’ bagi anak, mengajarkan nilai dan kearifan yang tidak hanya terdapat di Indonesia pada umumnya, tetapi juga melekat pada keluarga. Nilai dan norma tertentu seperti itu, lagi-lagi, sulit didapat mereka di kelas nanti. Nilai dan norma ini menjadi kompas bagi anak-anak ketika mereka remaja atau dewasa,” kata Indra.

Tidak dapat dipungkiri masih banyak keluarga yang belum memahami peran keluarga sebesar itu dalam membesarkan anak-anaknya. Ada yang acuh tak acuh, ada juga yang benar-benar tidak tahu bagaimana mendukung perkembangan pendidikan anaknya. Indra mengatakan, setidaknya ada tiga pendekatan bagi keluarga untuk mendorong atau mendukung pendidikan anaknya.

Pendekatan pertama adalah ketika anak-anak masih kecil. Dalam hal ini, orang tua berperan sebagai pemimpin bagi anak. Anak akan sepenuhnya meniru tindakan dan ucapan orang tua. Oleh karena itu, fase ini sangat penting dalam konfigurasi awal kepribadian anak.

Fase kedua adalah ketika anak memasuki masa remaja. Pada fase ini, keluarga berperan sebagai “teman” anak. Orang tua harus menyadari bahwa anak sudah memiliki beberapa wewenang untuk membuat keputusan, tetapi tidak semuanya dalam hidupnya. Pada fase ini, kedekatan keluarga dengan anak sangat penting.

Fase terakhir adalah ketika anak sudah dewasa, dimana orang tua berperan sebagai “pengamat” dalam kehidupan anak. Keluarga dalam fase ini bertindak sebagai pusat konsultasi atau ruang pertanyaan bila diperlukan.

“Pada fase ketiga ini, anak sudah memiliki kekuatan untuk mengambil keputusan dalam hidupnya. Penting untuk diingat bahwa fase pertama dan fase kedua akan mempengaruhi pilihan yang Anda buat di fase ketiga ini. Terutama, keluarga memainkan peran kunci dalam tumbuh kembang anak,” ujar pria lulusan Magister Pendidikan dari Monash University di Australia ini.

Pada kesempatan lain, Wien Muldian, Ketua Umum Perhimpunan Literasi Indonesia, mengatakan bahwa pendidikan pada dasarnya adalah hal terpenting dalam keluarga. Menurutnya, pendidikan dalam masyarakat dan lembaga pendidikan merupakan upaya untuk mengajarkan kepada peserta didik proses belajar yang formal, sistematis, kurikuler dan kurikuler.

Sumber:

www.kelaselektronika.com

Pengertian Serat Laut dan 5 Contoh Makanan Berserat Tinggi

Pengertian Serat Laut dan 5 Contoh Makanan Berserat Tinggi

Mary Katefashion – Serat pangan adalah komponen pangan asal tumbuhan yang dimakan dan tidak dicerna oleh tubuh. Dietary fiber atau serat pangan berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti: buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan polong-polongan.

 

Serat merupakan salah satu jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Berbeda dengan pati atau gula yang juga merupakan kelompok karbohidrat yang dapat menghasilkan energi (setelah dicerna oleh tubuh), serat tidak memberikan energi bagi tubuh kita. Serat makanan tidak dipecah lebih lanjut di dalam tubuh dan hanya melewati sistem pencernaan. Meski tidak memberikan energi, serat menawarkan manfaat yang tidak kalah pentingnya dengan komponen karbohidrat lainnya. Ada dua jenis serat, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Keduanya memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh dengan cara yang berbeda.

 

Definisi serat larut

Serat larut adalah serat larut air. Di perut, serat larut menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat proses pencernaan. Serat larut memperlambat pengosongan lambung, membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan cenderung tidak makan. Ini akan membantu Anda mengontrol berat badan Anda.

 

Pengosongan lambung yang lambat juga membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes. Serat larut juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dari sistem pencernaan, sehingga dapat menurunkan kolesterol darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. laporan praktikum identifikasi karbohidrat

 

Jenis makanan yang mengandung serat larut

Jenis makanan tinggi serat larut antara lain biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, umbi-umbian, buah-buahan, dan sayuran. Beberapa makanan yang tinggi serat larut adalah: nasi, gandum, biji-bijian, oatmeal, oatmeal, ubi jalar, kentang, bawang, apel. Kacang merah, pisang, kacang polong, kedelai, brokoli, wortel, jeruk dan lain-lain.

 

Jenis makanan tinggi serat

alpukat hijau

Alpukat hijau bermanfaat untuk memerangi anemia, terapi kecantikan, dan membantu regenerasi sel darah merah. Alpukat hijau merupakan buah yang berserat tinggi (2,2 gram per 100 gram bahan), sehingga bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Alpukat hijau juga dapat digunakan untuk mencegah malnutrisi karena kandungan lemaknya yang tinggi. Namun, mengonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Selain serat dan lemak, alpukat hijau juga mengandung protein, vitamin A, potasium, kalsium dan magnesium.

 

jambu merah

Jambu biji merah cocok untuk mengobati diabetes melitus karena rendah kalori dan glukosa. Jambu biji merah juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi, menurunkan kolesterol, sebagai zat antioksidan dan antikanker, mengobati kanker, mengobati sariawan, melancarkan saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan menjernihkan darah. Jambu biji merah mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, fosfor dan magnesium. Selain itu, jambu biji merah tinggi serat dengan kadar 7,3 gram per 100 gram bahan.

 

tomat

Tomat merupakan buah yang berserat tinggi, dengan kandungan 4,2 gram per 100 gram bahan. Tomat diketahui mengandung likopen (warna merah tomat), yang dapat membantu mencegah kanker prostat. Karena itu, kaum Adam lebih dianjurkan makan tomat secara rutin (setiap hari) agar tidak terkena kanker prostat.

 

Nutrisi lain yang ditemukan dalam tomat termasuk provitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan asam sitrat. Kandungan nutrisi dalam tomat berkhasiat untuk mencegah kanker prostat, menurunkan tekanan darah, mendukung pembentukan glikogen di hati, mencegah radang usus buntu, mencegah pembekuan darah, mencegah gusi berdarah, mengatasi masalah obesitas, menjernihkan darah dan hati serta mencegah rabun senja.

 

Tomat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati dengan menyeimbangkan fungsi hati. Selain itu, tomat juga dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga dapat mengobati anoreksia (tidak nafsu makan).

 

apel merah

Kandungan serat dalam apel merah sekitar 2 gram per 100 gram bahan. Apel merah mengandung serat larut air, asam organik, dan potasium. Apel merah, efektif dalam menstabilkan tekanan darah. Kulit mengandung pektin (termasuk serat larut makanan), yang bertindak sebagai detoksifikasi tubuh, menyerap kelebihan air di usus, melembutkan tinja, mencegah kerusakan gigi dan gigi, menurunkan kolesterol dan meningkatkan HDL (kepadatan tinggi). lipoprotein).

 

leci

Daging buahnya mirip dengan lengkeng dan rambutan. Leci dapat digunakan untuk memperbaiki kondisi kulit. Penderita diabetes militus sebaiknya tidak makan buah leci karena kandungan gulanya yang tinggi dan menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat. Leci mengandung beberapa nutrisi termasuk sukrosa, glukosa, vitamin C, kalsium, magnesium dan fosfor. Leci juga mengandung serat dengan kadar 1,6 gram per 100 gram bahan.